Tuesday 3 January 2012

Tahun Ini Nilai-nilaiku Harus Bagus!

APAKAH resolusi tahun barumu termasuk memperbaiki nilai-nilai kuliah? Jika ya, apa yang sudah kamu rencanakan untuk mencapai target itu?

Daftar yang dilansir Her Campus, Selasa (3/1/2012) ini mungkin bisa jadi panduanmu.

Ikut kuliah yang saya minati


Selain mata kuliah wajib, kamu bisa kok ngambil satu mata kuliah sampingan yang kamu minati. Meski mungkin nantinya nilai yang kamu raih tidak dimasukkan dalam perhitungan indeks prestasi kumulatif (IPK), enggak ada ruginya kan mendapat ilmu baru?

Saya tidak akan bolos


Resolusimu akan lebih mudah tercapai jika kamu rajin kuliah. Jangan ikut-ikutan mereka yang cuma nongol pas ujian tengah semester (UTS) ataupun ujian akhir semester (UAS) aja, ya!

Saya akan tidur cukup


Tetap segar dan terjaga di kelas adalah kunci penting dalam meraih sukses.

Saya akan menyusun jadwal


Cobalah, beli kalender atau buku agenda 2012 dan gunakan itu untuk menyusun jadwalmu. Jika kamu menggunakan akun Gmail, menyusun jadwal dan time table resolusimu bahkan akan lebih mudah lagi dengan fitur Google Calendar.

Saya tidak akan fokus ke ponsel di kelas


Tekanlah godaan untuk mengecek email, notifikasi Facebook, atau mengupdate Twitter ketika di kelas. Jika kamu terlalu memperhatikan telepon seluler (ponsel) di kelas, kamu akan ketinggalan pelajaran. Jadi, simpan ponselmu dalam keadaan mati atau mode hening, di tas.

Saya akan berteman dengan lebih banyak orang
Bukalah pertemanan baru dengan orang-orang yang tidak  hanya keren dan gaul. Teman yang jago dalam mata kuliah tertentu dapat kamu 'manfaatkan' untuk membantu pemahamanmu atas mata kuliah tersebut kan? Carilah teman belajar yang sama pintar atau lebih pintar darimu.

Saya akan menemui dosen di kampus
Meski kamu mengerti materi kuliah yang disampaikan di kelas, dosenmu akan senang jika kamu mampir ke kantornya untuk membicarakan perkuliahan yang mereka ampu. Hubungan yang baik dengan dosen juga akan membuatmu lebih mudah mendapat rekomendasi atau informasi tentang berbagai kesempatan untuk meningkatkan kapasitasmu. Siapa tahu, setelah lulus kamu ditawari kerja.

Saya akan rutin membaca buku
Bahkan jika kamu tidak memiliki banyak waktu, setidaknya bacalah bagian pendahuluan, simpulan, dan halaman topik dari suatu buku.

Saya akan minta bantuan
Jangan takut untuk meminta bantuan kepada siapa pun ketika kamu membutuhkannya, baik itu dalam hal perkuliahan maupun lainnya.

Saya tidak akan menunda
Kerjakanlah berbagai tugas lebih awal. Menyelesaikan tanggung jawabmu tepat waktu tidak hanya meningkatkan kualitas pekerjaanmu, tetapi juga menjauhkanmu dari stres dan kelelahan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...