Sunday 20 May 2012

Petugas Kebersihan Ini Lulus Kuliah Setelah 14 Tahun


SEORANG petugas kebersihan di Columbia University meraih gelar sarjana setelah menghabiskan waktu 14 tahun bekerja sambil belajar.

Gac Filipaj (52) meraih gelarnya tersebut 20 tahun setelah dia meninggalkan Yugoslavia akibat perang saudara. Ketika tiba di New York pada 1992, Filipaj tidak bisa berbicara dalam bahasa Inggris sama sekali. Dia pun menghabiskan lima tahun pertama untuk mempelajari bahasa tersebut.
 
Tugasnya sebagai petugas kebersihan di kampus bergengsi yang termasuk Ivy League ini memberikannya kualifikasi untuk belajar gratis hingga meraih gelar sarjana. Filipaj bekerja sepuluh jam dalam sehari. Usai masa kerjanya yang panjang itu, dia pun membuka buku dan belajar. 

Filipaj menuturkan, keluarganya mengajarkan untuk tidak mencari kekayaan dan ketenaran, tetapi untuk hidup dalam kehidupan yang jujur dan terhormat. Dia mengenang, dahulu dia bertanya kepada orang-orang, "Sekolah mana yang terbaik di New York?", Filipaj pun pergi ke Columbia University untuk mendapatkan pekerjaan.

"Ini adalah momen paling membanggakan dalam hidup saya," kata Filipaj seperti dilansir News Sky, Rabu (16/5/2012).

Pimpinan universitas memberikan penghormatan atas kerja keras dan semangatnya. Mereka menyebut pencapaian Filipaj sebagai "salah satu cerita hebat". Salah seorang dosen Filipaj, Profesor Peter J Awn menyatakan, Filipaj tidak hanya belajar bersama para mahasiswa Columbia University, tetapi juga bersaing dengan mereka.

"Dia pribadi yang rendah hati dan penuh rasa terima kasih. Tetapi dia adalah individu yang menciptakan masa depannya sendiri. Filipaj adalah pria dengan harga diri, baik ketika dia menjalani pekerjaanya di kampus, maupun dalam kehidupan akademiknya," ujar Awn.

Hingga kini, Filipaj masih mengirimkan sebagian dari upah kerjanya yakni USD22 per jam kepada keluarganya di Montenegro. "Bagi saya, kekayaan ada di hati dan kepala, bukan kantong," ujarnya.

Filipaj pun bertekad meneruskan pendidikannya dan meraih gelar master.(rfa) (SOURCE)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...